Review iOs 14 Beta

Comments · 96 Views

Di perhelatan  WWDC 2020 yang dilakukan secara streaming dan dapat disaksikan diseluruh penjuru dunia.  memperkenalkan sistem operasi terupdate yang akan datang, iOs 14, iPadOs 14 ,MacOs Big Sur v11,0 dan watchOs 7.

Sudah banyak yang melakukan ulasan tentang iOs14 di forum forum di luar sana maupun di Indonesia, bímana tanggapan para pengguna ipin dan pengguna smartphone lain melihat tampilannya sepintas ? Wahhhh mirip tampilan windowsphone, wahhhh mirip tampilan android…..itulah kata kata banyak orang.

Tapi cara berpikir para peneliti, para ahili, para insinyur dari  itu berbeda, berbeda dengan apa yg kita bayangkan, .terlepas inovasi itu sudan ada di smartphone lainnya atau belum, yang dipikirkan  melakukan inovasi terus menerus tiada hentinya untuk kemudahan pengguna .

Tapi itulah  saat pihak lain menciptakan sesuatu hal itu sesuatu yang biasa, saat  menciptakan inovasi hal basa menjadi luar biasa, Karena tujuan  bukanlah tampilan semata tetapi kemudahan bagi pengguna nya.

Jadi Jangan lihat tampilannya, karena  tidak bermaksud menyaingi para pencipta jailbreak yang dapat merubah tampilan iPhone, bukan itu….KEMUDAHAN dan SIMPEL.

iOs 14 versi beta suda dilluncurkan untuk di coba oleh para developer aplikasi, ole para pengguna beta untuk memberikan feedback ke pihak , dan para developer dapat mempelajari nya agar aplikasi yang dibuatnya dapat menyesuaikan dengan iOs 14 yang akan datang. Karena versi beta tentu masih ada bug yang akan dijumpai, masih akan ada perubahan dan bisa saja ada tambahan fitur saat versi resminya di luncurkan.

 

Fitur Fitur iOS 14 (versi beta)

  1. New Widget
  2. Application Library
  3. New Home Screen
  4. Call Compact
  5. Ficture in Ficture
  6. Message
  7. New Memoji
  8. Maps
  9. Translate
  10. CarPlay
  11. Location Service

 

 

NEW WIDGET

Di iOS 13 atau sebelumnya icon pada home screen bersifat default bergaya iOS, dan saat saya menginstall iOS 14 versi beta ini, juga icon pada home screen masih default standard iOS layaknya seperti tampilan home screen iOS sebelumnya, tidak ada yang berubah, ada lock screen juga tidak berubah.

Begitu saya usap layar kekanan maka layar widget akan terlihat, tampilannya berubah, klo di iOS 13 lebih sederhana, ada weather, screen time dll, bisa dirubah sesuai apa yg akan dilihat, di iOS 14 beta ini juga sama hanya bentuknya dibuat kotak kotak persegi panjang dan bujursangkar, mirip icon di home screen tapi lebih besar, dengan berbagai warna tampilan, bisa diedit sesuai apa yang akan ditampilkan. Secara default yg ditampilkan itu indicator batre, weather, album, kalender, bursa saham, ke bawah lg ada screen time yg perlu di atur ulang, secara tampilan sih lebih ok.

APPLICATION LIBRARY

Jika layar diusap ke kiri akan tampil layar application library, perpustakaan aplikasi, dibuat berbagai folder dan aplikasi di masukkan kedalam folder sesuai kelompok aplikasi  tsb, dan disusun berdasarkan abjad. Icon aplikasi di dalam folder ada yg besar dan ada yg kecil, jika aplikasi sering kita gunakan maka iconnya akan menjadi besar dan ditampilkan didepan, jika icon yg besar di tekan akan langsung masuk ke halaman utama aplikasi, jika yg di tekan icon kecil maka akan membuka folder semua icon aplikasi akan ditampilkan.

Icon icon ini juga bisa ditarik ke home screen utama jika memang Ingin ditampilkan utk lebih mudah lagi menggunakan aplikasi tanpa ke halaman app librarynya. Jadi sbg pengguna gak perlu membuat folder lagi krn sdh dibuatkan folder secara otomatis dan default.

NEW HOME SCREEN

Nahhh kita ke home screen layar utama, krn begitu iPhone di unlock layarnya kita langsung di arahkan ke homes creen utama. Tampilannya sama aja dg home screen iOS sebelumnya, tapi kali ini kita bisa rubah tampilan home screen utama, kita bisa menarik apapun dr layar widget ke home screen utama dan bisa digonta ganti, begitu juga aplikasi dr halaman app library bisa kita tarik ke home screen utama. Jadi  mengajak kita menampilkan kegiatan apa saja hari ini rute bisa dilihat  langsung tanpa harus ke halaman widget dan memasang aplikasi yg kita butuhkan saat ini dari app library tanpa harus ke halaman app library. Setiap saat susunan icon dan kegiatan yg di tampilkan di home screen disesuaikan kebutuhan pengguna, Jadi home screen utama memperlihatkan apa yg sedang dilakukan penggunanya, lg senang mendengarkan musik mungkin saat ini ? melihat foto foto mungkin, liat bursa saham mungkin, apa saja bisa dilihat langsung melalui home screen utama.

Jadi Jangan berpikir tampilannya sama dengan windowsphone, sama dengan android…..jelas berbeda, lebih simpel, lebih mudah, lebih inovatif. Dan saya suka tampilan ini, krn kita tak perlu pusing merubah tampilan icon di home screen dengan jailbreak.

COMPACT CALLS

Kalau iOS sebelumnya setiap ada panggilan masuk selalu menggunakan layar penuh, ini mengganggu pengguna saat sedang menggunakan ipinnya, saat membuka aplikasi lainnya, di iOS 14 ini panggilan dari iPhone, FaceTime, dan aplikasi pihak ketiga ditampilkan dalam desain kompak semua-baru yang tidak mengambil layar penuh. Jadi saat kita membuka aplikasi lain maka panggilan masuk hanya menggunakan 1/4 layar bagan atas dan aplikasi yg kita buka tetap bisa kita gunakan dan terlihat penuh, tinggal kita mau terima panggilan atau tidak, jika tidak menerima panggilan bisa dibiarkan aja dan tetap menjalankan aplikasi yg sedang kita buka, jika ganggilan kita terima maka ganggilan tsb akan menggunakan seluruh layar dan menutup sementara aplikasi yg kita buka.

FICTURE IN FICTURE

Sekarang kita bisa membuka aplikasi lain sambil melihat video music atau film apapun, atau menerima panggilan face time dan secara bersamaan bisa menggunakan aplikasi lainnya.

Jadi bisa dibilang ficture in ficture dan compact calls pengganti split view kalau di iPad , tapi ya berbeda tampilannya, jadi pembaca gak akan bilang mirip split view di android, wkkkkk, ya beda lah.

MESSAGES

Tetap berhubungan tidak pernah lebih penting dari ini.  Jadi iOS 14 memberi  cara baru untuk tetap terhubung dengan percakapan yang paling penting, melacak percakapan grup, dan mengekspresikan diri sesuka kita

Percakapan yang disematkan

Sematkan hingga sembilan dari percakapan  yang paling penting ke bagian atas daftar percakapan , sehingga  dapat dengan mudah mendapatkannya.

Jika masuk ke pesan sama saja akan terlihat tampilan seperti di iOS sebelumnya, trs di atas kanan ada 3 titik ditekan nanti akan muncul 3 pilihan, select messages, edit pins dan edit name and photo,

Sebenarnya cara ini sdh ada pada iOS sebelumnya hanya saja tambahannya edit pins, klo di aplikasi wa ini ada, tetapi klo di iOS 14 begitu nama pengirim pesan dipins maka akan tampil di atas berbentuk bulat tampilan iconnya, dan bisa menmpatkan campe 9 nama, klo di aplikasi wa hanya 3 nama Atau group.

Foto grup

Berikan identitas visual kepada grup dengan menambahkan foto atau Memoji, atau pilih emoji.

Kalau penambahan foto ini sebenarnya juga sdh ada di iOS sebelumnya hanya berbeda tampilan cara editnya saja.

Menyebutkan

Ketikkan nama untuk mengarahkan pesan ke seseorang.  Ketika disebutkan, nama disorot.  bahkan dapat menyesuaikan grup yang aktif sehingga  hanya menerima notifikasi ketika disebutkan.

Balasan sebaris

Sekarang  dapat langsung membalas pesan tertentu dalam percakapan grup.  dapat melihat balasan dalam percakapan penuh atau sebagai

NEW MEMOJI

Ada tambahan memoji 20 gaya rambut dan hiasan kepala baru untuk mencerminkan hobi, profesi, dan kepribadian Anda.

MAPS

Di Maps ada peningkatan, menggunakan sistem Keamanan jadi trek yang kita gunakan terlindungi, ada penunjuk jalur bersepeda, termasuk kondisi kontur jalannya, ya memberikan informasi kondisi jalan yang akan dilalui, ada tambahan tempat-tempat hebat di seluruh dunia untuk makan, berbelanja, dan menjelajahi.2 Anda dapat menyimpan Panduan, dan mereka secara otomatis memperbarui ketika tempat-tempat baru ditambahkan, sehingga  selalu memiliki rekomendasi terbaru  .

TRANSLATE

Ada tambahan aplikasi baru di iOS 14, aplikasi penterjemah, yang selama ini biasa kita gunakan aplikasi penterjemah dari google,

Penggunaannya simple dan mudah tampilannya juga ok, bisa menterjemahkan bahasa tulisan maupun lisan yg terkoneksi dengan siri, tetapi sayang masih sedikit dukungan bahasa nya,  ada 11 bahasa, dan bahasa Indonesia belum ada ya, mungkin di iOS berikutnya baru bisa kita gunakan.

CARPLAY

Membuka dan mengunci pintu mobil dapat dilakukan dengan iPhone, ini menggunakan sistem NFC, jika mobil memiliki fütur NFC ini bisa digunakan, Bahkan untuk menghidupkan mobil, sementara ini belum kita bahas secara detail krn saya belum bisa mencobanya, maklum mobilnya keluaran lama, wkkkk

Dan ternyata kita juga bisa memberikan acces antar iPhone agar iPhone lain bisa membuka dan mengunci mobil seandainya kunci utama mobil terbawa oleh kita ke luar kota, jadi keluarga bisa membuka dan ménûtup pintu mobil. Kemudian CarPlay ini memiliki kemampuan lain utk memonitor  mobil saat diparkir, pengisisan daya jika mobil listrik dan bisa melakukan pemesanan makanan cepat saji.

Carplay nya juga bisa dipasangkan wallpaper misalnya foto mobil yang digunakan, sepertinya menarik utk dicoba ya?

LOCATION SERVICE

Location service ini menggunakan gps sehingga kita bisa melacak dan dilacak posisinya dengan akurasi tepat, tetapi ada tambahan jika kita dimintain lokasi kita, seperti menggunakan aplikasi wa atau ada temen yg ingin tau lokasi kita dan kita merasa tidak ingin diketahui, bisa memberikan lokasi perkiraan, jadi lokasi yg diberikan gak tepat sekali tapi menggunakan radius, yang jelas kita berada di area tersebut tanpa diketahui dimana persisnya. Hhmmm semacam fake location ya.

TAMBAHAN LAINNYA

Ada peningkatan siri, ada peningkatan pada web, kirim pesan audio dengan siri, kontrol peralatan rumah, penggunaan air pods, dan banyak lagi termasuk peningkatan sistem keamanan tentunya, tapi ini akan di bahas nanti dalam trik trik menggunakan iOS 14.

 

iOS 14 kompatibel dengan perangkat ini :

iPhone 11

iPhone 11 Pro

iPhone 11 Pro Max

iPhone XS

iPhone XS Max

iPhone XR

iPhone X

iPhone 8

iPhone 8 Plus

iPhone 7

iPhone 7 Plus

iPhone 6s

iPhone 6s Plus

iPhone SE (generasi pertama)

iPhone SE (generasi ke-2)

iPod touch (generasi ke-7)

 

PESAN PENULIS

iOS 14 versi beta ini menarik untuk di coba, tapi kalian harus liat iPhone kalian ya,

Jangan coba iOS 14 beta ini jika iPhone kalian beli second, sudan lama digunakan sehingga performanya sdh tidak maksimal, jadi harus cek dulu kondisi iPhonenya, jika kemang masih ok boleh dicoba, Karena iOS versi beta masih menyimpan banyak bug, tentu kalian tidak ingin dapat masalah pada iPhone kalian.

 

Bgmana Menurut kalian iOS 14 ?

 

by Matrix, iDevice Indonesia

 

Comments
Satrio Dwi Prabowo 17 days ago

Naiseee