Kenapa  menganjurkan pake kabel lightning ori ?

Apakah karena  ingin memonopoli penjualan sampe dengan accessories perangkatnya ?

Perangkat buatan  termasuk gadget mahal, dan accessoriesnya juga mahal katakanlah kabel lightning iPhone.

 

Tentu pengguna iPhone lebih suka membeli kabel lightning palsu, krn murah, mudah diperoleh dijual dimana mana sampe kaki lima juga ada yang jual.

 

“Ngapain pake kabel mahal mahal kalau yg murah juga ada dan berfungsi”

 

Itu kata kata sebagian dari kita pengguna iPhone.

 

Ya itu sah sah saja, kita pengguna dan pemilik iPhone nya bebas mau menggunakan kabel lightning yg manapun, dan  tidak melarang hanya menganjurkan aja.

 

Tapi kita ingin tahu kenapa  menganjurkan menggunakan kabel ligthning ori ?

 

Salah satu perangkat  yaitu iPhone dengan harga mahal, dibuat dari berbagai hardware yang tangguh dan dapat digunakan dalam waktu lama bertahun tahun, dibuat dari komponen dan bahan terpilih dan di buat dengan presisi, didukung oleh iOS selama bertahun tahun dan menjalankan aplikasi aplikasi terbaik dari appstore. Dan untuk membuat iPhone awet dan tahan lama tentu harus juga didukung dengan accessories pendukung yang memadai, salah satunya kabel lightning ori.

 

Tapi kenapa kabel lightning ori  mahal ?

Penyebab mahalnya bukan karena monopoli, tetapi proses pembuatannya yg bikin mahal, dibuat dengan presisi, dilakukan pengujian sebelum dijual, di beberapa negara, tentu biaya transportasi juga berpengaruh.

 

Sedangkan kabel lightning palsu di buat oleh sebuah pabrik, tidak presisi dan bermutu tinggi, tidak melalui tes sebelum dijual, dibuat dengan sistem partai dalam jumlah banyak, tentu lebih murah biayanya, sehingga murah harga jual nya.

Jadi jangan salah jika suatu saat kalian membeli kabel lightning palsu bisa digunakan tapi suatu saat tidak bisa digunakan, malah bisa utk charger tapi tidak bisa terhubung ke itunes di laptop, yang lebih parah tidak bisa digunakan krn iPhone mendeteksi kabel tidak original.

Tetapi banyak juga yg bisa digunakan terus menerus sampe batas waktu cukup lama, biasanya type iPhone lawas yang sudah tidak mendapatkan update iOS, ini biasanya kabel lightning palsu atau kw super yang bahkan kode nya juga diciplak, tetapi begitu iPhone yang bisa di update iOS dan melakukan update maka kabel lightning tsb tidak lagi terdeteksi sehingga tidak bisa lagi digunakan.

 

Kabel lightning ori  didesign khusus dengan kode tertentu sehingga dapat dideteksi oleh chip yang digunakan iPhone sehingga walaupun iPhone di update iOS nya secara terus menerus tetap terdeteksi sebagai kabel lightning ori  . Kemudian konektor dan inti kabel dibuat daei bahan berkualitas dengan kemampuan daya hantar power yang pas.

 

Banyak cara utk membedakan kabel lightning ori  maupun yang palsu, banyak dijelaskan diberbagai forum dan website bahkan website  juga menjelaskannya.

 

Ciri ciri kabel lightning ori  :

  1. Memiliki ciri ciri fisik dari bentuk kabel yg berwarna putih susu, pada kabel bertuliskan "Designed by Apple in California", "Assembled in China," "Assembled in Vietnam", atau "Indústria Brasileira" pada kabel sekitar 17,5cm dari konektor USB. Dan memiliki no seri 12 digit di akhir tulisan. Warna tulisan tidak terlalu terang atau jelas atau sedikit samar, jika tulisannya sangat jelas bisa dipastikan itu palsu atau kw super. Pada konektor lightning memiliki gigi gigi yang presisi dan halus, gigi gigi konektor ini dalam bingkai persegi yang ke 4 sudutnya melengkung. Konektor usb nya menggunakan plat yang permukaannya halus dan lubang juga presisi. Dengan mutu dan presisi akan membuat konektor pada iPhone lebih pas karena jika menggunakan yang palsu dan tidak presisi maka konektor pada iPhone mudah longgar bahkan rusak. Begitu juga kemampuan daya hantar power nya jika palsu mudah membuat battery panas dan battery tidak awet bahkan ic power bisa rusak.
  2. Harganya pasti mahal, karena alasan yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika harganya murah patut di curigai itu palsu atau kw, tapi kan bisa aja penjualnya menjualnya dg harga mahal berarti itu ori ? Tidak juga, 
  3. Usahakan membelinya di reseller resmi  lebih menjamin itu ori.
  4. Jika digunakan sdh pasti terdeteksi dengan baik termasuk deteksi dengan itunes, dapat digunakan seterusnya tanpa masalah (terkecuali tidak bisa merawat bisa saja cepat rusak terutama sambungan antara konektor dengan kabel).

 

Bgamana klo reseller resmi susah dijangkau ? Masih ada pilihan dengan kualitas dijamin  adalah kabel lightning pihak ke 3 yang sudah sertifikasi MFI, 

Tapi bagaimana mengetahui kabel lightning tsb MFI atau tidak ? Sudah pernah saya buatkan artikelnya juga ya.

 

Jadi anjuran  hanya menginginkan iPhone dapat digunakan selama mungkin tanpa mengalami keruskan akibat accessories palsu atau kw

 

Kembali lagi sebagai pengguna, kalianlah yang menentukan mau pakai yang mana.

 

Smoga iPhone kalian awet yaaa

 

by MatriX, iDevice Indonesia


Deni Almahera

94 Blog posts

Comments