Review macOS Big Sur

MacOS Big Sur dirilis tgl 13 November 2020, beberapa hari yang lalu, berbagai forum dan website sudah memberikan ulasan. Apakah kalian sudah melakukan update ke macOS Big Sur ?

MacOS Big Sur atau macOS version 11.0.1 mengalami banyak perubahan dari macOS Catalina.

 

Sejak rilis awal macOS 2001 sudah menggunakan macOS 10 atau macOS X, dengan perubahan menjadi macOS 11 menandakan akan ada perubahan yang besar dimasa mendatang, tentu dengan hadirnya processor buatan  sendiri M1  silicon.

Karena memang macOS big sur ini memadukan kemampuan processor M1, layaknya memadukan processor A14bionic dengan iOS14.

 

Saya melakukan update beberapa hari yang lalu, dengan besar file 12.18GB, butuh ruang kosong pada memory macbook pro 2017 versi touch bar yang saya gunakan sebesar 35GB agar macOS big sur bisa di Install, lama download sekitar 3jam.

 

Saat menginstall macOS big sur harus posisi di charger berapapun persentase batterynya, tanpa di charger macOS tidak mau di install.

 

Butuh waktu menginstall 29mnt, dan tampilan nya saya bisa bilang “ KEREEEN”

 

 melakukan perubahan besar pada tampilan, kemampuan, sistem keamanan termasuk privacy dan efesiensi pada macOS.

 

Pertama yang saya periksa setelah update macOS big sur adalah kapasitas memory, sebelum saya install kapasitas memory tersisa 53GB, setelah menginstall menjadi 82GB ruang kosong yg tersedia, tentu terjadi penghapusan cache dan file others.

 

Kedua yang saya periksa, deretan icon di menu bar atau layar atas kanan, pada macOS Catalina urutan dr kiri ke kanan adalah icon bluetooth, wifi, sound, battery, tanggal, jam, spotlight, siri dan 3 strip utk membuka widget.

Di macOS big sur urutannya berubah dari kiri kekanan adalah icon sound, bluetooth, battery, wifi, spotlight, control center, siri, tanggal dan jam.

Ada perubahan tampilan saat menekan icon sound, bluetooth, tampilan nya sederhana dan praktis, menekan icon battery akan menampilkan battery dan presentasinya, aplikasi yang berjalan menggunakan daya battery, ada juga battery health, opimized battery charging, 

Kemudian jika menekan icon wifi, spotlight, control center dan juga siri mirip dengan di iOS pada iPhone atau iPadOS.

Utk menampilkan widget cukup menekan pada tanggal atau jam dan akan muncul, style widget nya juga mirip pada iOS dan iPadOS. Lebih informatif, sederhana dan simple.

 

Ketiga yang saya periksa adalah dock, deretan icon berwarna di bagian bawah layar.

Icond finder tidak berubah begitu di buka tampilan nya lebih sederhana dan ada perubahan urutan dan paling atas adalah favorite kemudian ada 3 item, yang tersyncrone dengan icloud drive desktop dan document, secara otomatis jika mac atau macbook terhubung dg internet maka data data yang ada di desktop dan documents akan disimpan di icloud drive.

Ini juga konsep iOS dan iPadOS.

 

Icon siri ada perubahan tampilan, awalnya dg garis lingkar putih agak tebal denga icon bulat menjadi lebih tipis dan transparant,  dan icon persegi

Icon find my berubah dari bulat ke persegu, icon launchpad awalnya gambar roket dg icon bulat skrg gambar kotak kotak kecil berwarna warni jika buka layar mac atau macbook akan menampilkan semua icon aplikasi atau software yang terinstall di mac atau macbook.

 

Icon safari  berubah dari bulat menjadi persegi, icon mail dari gambar mirip peranko dg gambar burung terbang menjadi gambar amplop surat dengan bentuk persegi, icon contact, kalender, note, reminder, maps, photos, tidak ada perubahan gambar icon hanya bentuk perseginya disetiap sudut dibuat melengkung, icon messages ini berubah dr warna biru lonjong menjadi hijau persegi. Icon facetime tetap sama hanya menghilangkan gambar handset tlp saja, icon pages, numbers tidak berubah, icon keynote bentuknya mirip hanya sebagian kecil berubah seperti pada kaki simple garis,  icon photo booth sedikit berubah, dari gambar kotak kotak kecil menjadi hanya ilustrasi foto, icon music hanya berubah warna background dr putih ke merah, dan logo nada dari berwarna menjadi putih, icon podcast,  tv, books dan appstore dari bentuk bulat menjadi persegi dengan lengkungan pada sudut.

 

Icon system reference dr gambar gir dengan gerigi besar menjadi lebih halus dg 2 lingkaran gir.

 

Jadi icon pada dock menganut style icon  iOS dan iPadOS. 

 

Perubahan besar juga terjadi pada safari, messages dan  maps.

 

SAFARI

 

Safari mendapat beberapa perubahan dengan setiap rilis macOS, tetapi pada macOS big sur ini mengalami cukup banyak perubahan, opsi penyesuaian baru memungkinkan pengguna menambahkan wallpaper khusus ke layar mulai Safari.  Daftar bacaan dan tab iCloud sekarang akan menempati ruang terbuka di layar ini. Safari menangani tab secara berbeda di versi baru macOS, dengan tujuan menjadikan navigasi Safari lebih cepat dan lebih andal.  Browser menampilkan lebih banyak tab di layar dan menampilkan favicon situs web secara default untuk memudahkan identifikasi tab.  Pengguna juga akan melihat pratinjau pop-up dari tab yang terbuka dengan mengarahkan kursor ke tab. Penambahan fitur pada safari adalah  Privacy Report, Password Monitoring, Safari Extensions. Ada peningkatan sistem keamanan, privacy dan kecepatan dibandingkan sebelumnya

 

MESSAGES

 

Pesan di Mac sekarang menjadi aplikasi Mac Catalyst.  Mirip pesan yang ada di iPad tapi dengan beberapa perubahan, dan fitur pesan di iOS 14 juga digunakan di sbg fitur pesan di macOS big sur ini,

 

Pertama membukanya kita harus memasukkan  id dulu termasuk di facetime baru bisa digunakan dan syncrone dg messages di iphone yg kita gunakan.

 

Di Big Sur, dapat menyematkan obrolan favorit ke bagian atas daftar percakapan.  Muncul sebagai ikon besar dan bulat, mereka akan selalu berada di atas untuk memudahkan akses kecuali menghapus atau menggantinya secara manual.

 

Balasan sebaris juga ada pada Pesan di Big Sur.  Saat mengeklik lama atau mengeklik kanan balon obrolan, Kalian dapat memilih "balas" untuk menulis pesan baru yang membalas pesan sebelumnya dalam percakapan yang sama.  Sebuah kotak kecil di sebelah balasan  akan mereferensikan pesan asli.  Balasan sebaris berfungsi baik dalam obrolan satu lawan satu maupun grup.

 

 Obrolan grup juga akan menambahkan sebutan.  Untuk menyebut seseorang dari obrolan, ketik nama orang itu dalam percakapan grup, dan itu akan disorot. 

 

Kalian juga dapat menyetel gambar obrolan grup yang akan dilihat semua anggota grup.

 

Pesan Big Sur mencakup dukungan aplikasi iMessage  termasuk Foto untuk lampiran gambar dan video pendek, stiker Memoji untuk stiker emoji berbasis avatar, dan gambar format GIF dan gambar dari perpustakaan. Obrolan iMessage di Big Sur juga memungkinkan Kalian menggunakan efek pesan, seperti slam, confetti, dan laser.

 

APPLE MAPS

 

Aplikasi Apple Maps juga memiliki pembaruan yang signifikan di Big Sur. 

 

Itu termasuk Look Around, jawaban Apple untuk Google Street View, dan navigasi bersepeda untuk membantu navigasi saat bersepeda di kota-kota besar.

 

Apple Maps untuk Mac juga menambahkan Panduan Kurasi, yang merupakan rekomendasi dari "merek tepercaya" tentang aktivitas atau tempat terdekat untuk dikunjungi.  Kalian juga dapat membuat Panduan untuk dibagikan dengan teman dan keluarga.

 

 Big Sur Maps juga menyertakan peta dalam ruangan bandara dan pusat perbelanjaan, tentu utk beberapa bandara dan pusat perbelanjaan yang didukung.

 

Itulah beberapa perubahan yang saya coba beberapa hari ini, dan semua aplikasi yang saya gunakan juga berjalan normal dengan perubahan sedikit warna tampilan di beberapa aplikasi design 3D yang saya gunakan, tetapi belum semua aplikasi pihak ke 3 saya coba,

 

Jika ada diantara kalian sdh mencoba nya dan menemukan hal hal baru bisa di comment ya ?

 

Intinya macOS Big Sur oleh  dibuat menyerupai iOS dan iPadOS, krn tentu semua perangkat  merupakan ekosistem  yang kuat, dan antar perangkat dapat tersyncrone secara mudah.

 

Selamat menggunakan macOS Big Sur.

 

by MatriX, iDevice Indonesia


Deni Almahera

93 Blog posts

Comments
Satrio Dwi Prabowo 4 days ago

Oke brad 🤙🏻

 
 
Deni Almahera 5 days ago

Iya maksudnya bahwa macOS versi 10 itu di dirilis 2001 awalnya, sampai catalina juga versi mac os 10. Yaitu 10.15 😊

 
 
Satrio Dwi Prabowo 5 days ago

Catalina bukanya 2011 ?