Kalian sudah update iOS 14.2 ?

iOS 14.2 ( 18B92 ), dirilis tgl 5 November 2020 waktu amrik, di Indonesia tgl 6 November 2020, dini hari.

Artikel ini baru saja saya tulis setelah mencobanya di iPhone 7 dan iPhone 11,

 

iOS 14.2 ini ternyata lebih bagus, lebih smooth, battery lebih awet, dan sudah jauh lebih baik dari iOS 14. iOS 14.01 dan iOS 14.1

 

Banyak perbaikan bug ya g dilakukan yang dijumpai di versi iOS 14 sebelumnya.

 

Jika kalian saat melakukan update silahkan tekan kata “ learn more”  disini  menjelaskan secara rinci fitur dan perbaikan,  informasi inilah yang selalu di share atau disalin oleh forum forum dan media elektronik kemudian diinformasikan ke pembaca, jadi pada pembuat artikel lebih banyak menciplak tanpa mencobanya, 

 

Coba kita lihat fitur iOS 14.2 yang dikatakal oleh  :

 

Pertama :

Ditambahkah lebih dari 100 memoji baru, jadi kalian bisa memiliki banyak pilihan utk berkirim memoji, termasuk hewan, makanan, wajah, benda rumah tangga, alat musik, emoji inklusif gender, dan banyak lagi.

Tinggal buka keyboard dan buka memoji di kiri bawah keyboard bisa dilihat banyak sekali tambahan memojinya.

 

Kedua :

Ada 8 wallpaper baru versi dark dan light, versi gelap dan terang, silahkan pilih setingannya saja

Bisa di lihat di setting dan cari wallpaper, choose new wallpaper, trs klik stills yang tengah disana ada 8 wallpaper baru

 

Ketiga

Magnifier atau  Kaca pembesar dapat mendeteksi orang di sekitar, dan melaporkan jarak mereka menggunakan sensor LiDAR yang disertakan dalam ‌iPhone 12 Pro‌ dan ‌iPhone 12 Pro‌ Max.

Jadi khusus bisa digunakan di iPhone yang memiliki sensor LIDAR, krn ini bisa mengukur jarak dan mendeteksi orang, bahkan bisa tau jika orang didepan kita bergerak dengan adanya perubahan jarak pada magnifier, 

Jika kalian menggunakan iPhone 12 pro atau pro max bisa mengantri sambil baca baca di iphone sambil memperhatikan perubahan jarak pada magnifier artinya kalian bisa maju atau mundur, tanpa melihat orang di depan iPhone kalian, cukup membantu ya.

 

Keempat

Dukungan untuk Pelindung Kulit iPhone 12 dengan MagSafe., 

Kalau ini juga dibahas mengusul ya ? Krn menunggu iPhone seri 12 dan tentu beli magsafe baru bisa dilihat keebihannya.

 

Kelima

Pengisian battery yang dioptimalkan untuk ‌AirPods‌ untuk memperlambat laju penuaan baterai dengan mengurangi waktu yang dihabiskan ‌AirPods‌ Kalian untuk terisi penuh.

Ya ini saat airpods di charger pada layar iphone 11 yang saya gunakan ada tertulis tanda petir dan tulisan “ optimized battery charging” dibawah gambar presentasi battery airpods. 

Jadi  melakukan percepatan pengisian airpods dan bisa di pantau di layar iPhone

 

Keenam

Pemberitahuan tingkat audio headphone untuk memperingatkan Anda ketika tingkat audio dapat memengaruhi pendengaran Kalian.

Ini saya coba maksimalkan suara airpods pro sampe 100%, dan blom ada notifikasi jika mempengaruhi pendengaran, mungkin maksudnya jika suara yg dihasilkan airpods diluar batas setting airpods atau asa kerusakan kontrol audio baru ada notifikasi.

 

Ketujuh

Kontrol ‌AirPlay‌ baru untuk mengalirkan hiburan ke seluruh rumah Kalian.

Ini sistem syncrone lebih bagus ya, krn airplay sendiri berhubungan dengan  tv, dan transfer ke homepod, 

Kemudian ada handoff, handoff ini sistem syncrone yang di gunakan  antar perangkatnya, misalnya kalau ipad wifi saja tanpa jaringan seluller atau simcard maka dengan handoff ini maka ipad bisa menerima tlp maupun sms melalui jaringan iphone,

Begitu juga saat saya meneripa tlp baik lewat tlp langsung maka 2 iPhone dan Macbook yang saya gunakan akan berdering bersamaan dan menampilkan si penelpon, jadi bisa di angkat dr iPhone manapun bahkan lewat macbook yang saya gunakan, ini karena menggunakan  id yang sama dan mengaktifkan handoff disemua perangkat ya g saya gunakan.

 

Inilah salah safu fitur yang tdk dimiliki smartphone manapun

 

Kedelapan

Dukungan interkom dengan ‌HomePod‌ dan ‌HomePod mini‌ menggunakan ‌iPhone‌, ‌iPad‌, Apple Watch, ‌AirPods‌, dan ‌CarPlay‌.

Fitur ini kita tunggu homepod mini ya utk mencobanya, tapi keren aja bisa main tlp antar ruangan di rumah semacam perangkat lengkap sound system kombinasi intercome.

 

Kesembilan

Kemampuan untuk menyambungkan ‌HomePod‌ ke ‌Apple TV‌ 4K untuk stereo, suara surround, dan audio Dolby Atmos.

Jadi homepod bisa dihubungjan ke  tv dengan 1 atau 2 honepod utk menghasilkan suara stereo, surround,  dan dolby atmos.

 

Kesepuluh

Pilihan untuk memberikan statistik tentang Pemberitahuan Paparan, tanpa mengidentifikasi Anda, kepada Otoritas Kesehatan Masyarakat yang berpartisipasi.

Kalau fitur ini tentu  harus bekerjasama dengan pihak otoritas kesehatan di Indonseia seperti PNPB dan satgas covid 19

 

Kesebelas

Integrasi Shazam

Apple secara resmi mengakuisisi Shazam pada akhir 2018 dan dengan iOS 14.2, dengan mengintegrasikan Shazam langsung ke dalam iOS.

 

Aplikasi shazam ini memiliki fitur Pengenalan Musik baru yang tombolnya dapat ditambahkan ke Pusat Kontrol.  Lalu, kapan pun pengguna ingin mengenali lagu yang sedang diputar dengan cepat, mereka cukup mengetuk tombol Pusat Kontrol itu.

 

Fitur ini dapat mengidentifikasi lagu yang diputar tidak hanya di sekitar tetapi juga di dalam aplikasi atau lagu yang diputar di AirPods atau perangkat Bluetooth lainnya.

 

Kalian juga bisa mendownload aplikasi shazam jika belum ada di iPhone kalian.

Jadi bisa juga mengaktifkan shazam lewat aplikasinya maupun lewat kontrol center, tinggal masuk ke control center di setting trs dibawah tinggal ditambahkan dg mengklik tulisan “ Music Recognition”

 

Jika mengaktifkan shazam cukup menekan tombol di kontrol center atau pada logo di aplikasi dan kembali ke home screen, tanda shazam aktif adalah angka jam pada home screen diatas akan ada gelembung warna merah dan led orange di sebelah kanan atas akan menyala tandanya shazam melakukan deteksi music apapun yang ada disekitar iPhone dan dideteksi, saat di homescreen tinggal menekan angka jam yg ada gelembung merah maka aplikasi shazam akan terbuka dan menginfirmasikan lagu apa yg tersengar dan siapa penyanyinya.

 

Saat aaya mencoba memutar lagu di iPhone satunya maka iPhone 11 yang aktif shazamnya cukup cepat menebak lagu dan penyanyinya.

 

Ini juga kerenn ya, iPhone tambah pinter dech.

 

Kemudian saya coba menggunakan airpods saat shazam si aktifkan, maka airpods tidak bisa berfungsi krn memang jalur soundnya di gunakan oleh shazam dan otomatis airpods tidak akan mengeluarkan suara dan suara music secara ofomatis menggunakan speaker pada iPhone, jika shazam di off kan maka ofomatis suara music dittansfer ke airpods.

 

Keduabelas

Tampilan aplikasi music

Ini ada sedikit perubahan tampilan dan tentu lebih bagus bisa dilihat saat menekan music di kontrol center baik saat music diputar maupun tanpa music juga ada perubahan.

 

 

Ada juga perubahan icon watch yang dulunya lingkarannya seperti tali watch pada umumnya dan di iOS 14.2 menggunakan icon band watch type solo ya.

 

 

Apakah kalian juga ingin tahu apa saja perbaikan pada iOS 14.2 ini ? Di sebutkan oleh  lewat “learn more” update iOS 14.2

Adalah :

 

 Mengatasi masalah di mana aplikasi bisa rusak di dok Layar Utama.

 Mengatasi masalah di mana jendela bidik Kamera mungkin tampak hitam saat diluncurkan.

 Mengatasi masalah di mana keyboard di Layar Terkunci dapat kehilangan sentuhan saat mencoba memasukkan kode sandi.

 Mengatasi masalah di mana Pengingat dapat default ke waktu di masa lalu.

 Mengatasi masalah di mana widget Foto mungkin tidak menampilkan konten.

 Mengatasi masalah di mana widget Cuaca dapat menampilkan suhu tinggi dalam Celcius saat disetel ke Fahrenheit.

 Mengatasi masalah di mana deskripsi bagan curah hujan untuk jam-jam berikutnya di Cuaca dapat salah menunjukkan kapan curah hujan berhenti.

 Mengatasi masalah saat rekaman Memo Suara terganggu oleh panggilan masuk.

 Menanggulangi masalah yang membuat layar menjadi hitam selama pemutaran video Netflix.

 Mengatasi masalah yang dapat membuat Apple Cash gagal mengirim atau menerima uang ketika diminta melalui ‌Siri‌.

 Mengatasi masalah yang dapat membuat app Apple Watch menutup secara tidak terduga saat dibuka.

 Mengatasi masalah saat rute GPS olahraga atau data Kesehatan dicegah untuk disinkronkan antara Apple Watch dan ‌iPhone‌ untuk beberapa pengguna.

 Mengatasi masalah saat audio salah diberi label sebagai "Tidak Diputar" di Dasbor ‌CarPlay‌.

 Mengatasi masalah di mana perangkat dapat dicegah untuk mengisi daya secara nirkabel.

 Mengatasi masalah di mana Pemberitahuan Eksposur dinonaktifkan saat memulihkan ‌iPhone‌ dari iCloud Backup atau mentransfer data ke ‌iPhone‌ baru menggunakan Migrasi ‌iPhone‌.

 

 

Silahkan update iOS nya dan coba fitur nya

 

 

by MatriX, iDevice Indonesia


Deni Almahera

93 Blog posts

Comments