Pake Fast Charging atau Normal Charging ?

Comments · 43 Views

Fast Charging mulai di adopsi sejak iphone 8/8plus dan seterusnya, Apple memberikan pilihan sesuai kebutuhan pengguna, sesuai kondisi dan waktu pengguna, Jadi pengguna yang harus bijaksana memilih, bukan justru malah panik menggunakan salah satu diantaranya.

Manakah yg terbaik menggunakan fast charging atau normal charging ?

Ini adalah 2 sistem pengisian daya batre ipin yg diterapkan pada model ipin 8 ke atas. Jadi pengguna ipin 8 keatas dapat menggunakan 2 cara ini utk mengecas ipinnya.

Setiap membeli ipin baru sebelum  mengadopsi sistem fast charging sampe dengan ipin yg menggunakan fast charging didalam box pembelian yg disertakan adalah charger dan kabel non fast charging, semestinya  menyertakan charger dan kabel fast charging dalam pembelian utk ipin yg support fast charging tapi nyatanya  hanya menyertakan charging dan kabel standard, atau charging normal atau non fas charging. Berbeda dengan merk smartphone di luar sana, jika smartphonenya mendukung fast charging tentu di dalam box di sertakan charger dan kabel yg mendukung fast charging juga bahkan klo mendukung wireless charging juga disertakan,

Jadi pertanyaannya knapa  gak menyertakan dalam box pembelian ?

Sebelum menjawab pertanyan2 di atas coba kita lihat perbandingan fast charging dan normal charging ini

SINGKATNYA

Fast charging atau pengisian cepat adalah sistem yg diterapkan dalam pengisian daya batre dengan tegangan mencapai 5V, artinya jumlah arus listrik yg di alirkan masuk ke batre lebih banyak dibandingkan normal charging atau pengisian biasa, sehingga waktu yg dibutuhkan lebih singkat utk mengisi daya batre.

Normal charging atau pengisian biasa atau standar, adalah pengisian daya batre yg menggunakan tegangan berkisar 1A sd 3A, dan rata rata yg digunakan adalah 1,5A, jadi waktu yg digunakan utk pengisian daya batre tentu lebih lambat dibandingkan fast charging.

Apakah Fast Charging mempercepat proses penurunan usia pake batre ?

Pada dasarnya fast charging gak mempengaruhi penurunan usia pake batre krn sama saja dg charging biasa,

Tetapi fast charging ini kan cara kerjanya dg tegangan lebih tinggi utk memasukkan daya pada batre dan batre mudah menimbulkan panas, nahh panas inilah yg dapat mempengaruhi usia pake batre.

Sehingga  menerapkan teknologie dan hardware yg lebih mumpuni pada ipin yg mendukung fast charging, termasuk salah satunya adalah bahwa pengisian batre dr 0-80% dapat disi dengan cepat dan utk mencapai 100% dilakukan perlambatan utk menjaga suhu pada batre gak berlebihan.

Semakin maju teknologi tentu ipin juga akan dibekali banyak fitur fitur baru dan dikengkapi hardware juga terbaik dan tentu butuh juga kapasitas batre tambah besar, inilah knapa fast charging di adopsi utk mengurangi waktu tunggu pengisian data batre.

Masalahnya fast charging ini menimbulkan panas, wlopun ipin sdh dilengkapi software dan hardware terbaik tetap gak bisa menghilangkan panas sama sekali pada batre, tetap akan ada panas wlopun sdh gak diambang batas,

Batre jenis lithium ion ini salah satu penyebab turunnya masa usia pake batre krn faktor panas, jadi jika ipin menggunakan fast charging secara terus menerus dalam jangka panjang tentu usia pake batre sedikit lebih pendek ketimbang menggunakan charging standar biasa.

Jadi  memberikan pilihan kepada penggunanya, mau gunakan fast charging atau menggunakan charging standar bawaan ipin ?

Jika pengguna sangat mengandalkan ipin sbg patner kerja dan waktu itu sangat penting utk urusan pengguna maka pilihannya gunakan fast charging, krn tentu dg hanya mengecas sebentar batre bisa cepet terisi dan gak banyak buang waktu hanya gara gara menunggu ipin di cas sehingga urusan penting lain terabaikan, tetapi batre ipin masa usia pake nya sedikit lebih pendek dan pengguna type ini juga yg type mudah mengganti ipinnya dg yg lebih baru.

Jika pengguna memiliki banyak waktu luang dan sangat suka menggunakan ipin dalam jangka waktu lama bahkan sampe 4-5th baru ganti ipin maka yg cocok gunakan charging biasa atau bawaan ipinnya saat membeli.

Yang terbaik adalah mengkombinasi antara keduanya, menggunakan fast charging saat dimana pengguna sangat sibuk dg urusan penting dan menggunakan charging biasa saat waktu lg santai, sehingga pengguna mendapatkan manfaat secara maksimal

 

Bgmana dengan kalian ? 

 

by Matrix, iDevice Indonesia

 

Comments
blastman 27 days ago

kalo ada ya pake fast charging lah, tp harganya itu sih