Mendengarkan music di iPhone, Berbayar VS Gratis.

Comments · 127 Views

Music ? Siapa yang tidak suka music ? semua kita suka music, mendengarkan music saat ini sangatlah mudah, bisa dengan cara online bisa dengan cara offline di perangkat apapun yang kita miliki.

Bgmana dengan salah satu perangkat besutan apple, yang namanya iPhone ?

Sejak awal kemunculan nya di th 2007, iPhone sudah bisa digunakan mendengarkan music tetapi saat itu apple tidak memperuntukkan iPhone sbg perangkat untuk mendengarkan music dan apple merilis khusus ipod sebagai  perangkat untuk mendengarkan music.

Th 2016 apple memulai memberikan dukungan fitur speaker stereo pada iPhone 7/7 plus dan dan inilah awal dr iPhone sebagai pemutar music yang akhirnya menggeser posisi ipod.

Dengan semakin baiknya jaringan selullar dan sekarang sdh di level LTE dan 4G, sebentar lagi akan masuk ke level 5G dan berjamurnya jaringan wifi akhirnya menggeser perangkat khusus untuk music beralih ke smartphone termasuk iPhone. Bermunculanlah banyak aplikasi pemutar music, streaming music dan akhirnya kita tidak lagi mendengarkan music secara konvensional, sekarang saatnya mendengarkan music secara digital. Aplikasi pemutar music popular saat ini antara lain iTunes milik apple, Spotify, JOOX, Guvera Music, SoundCloud, Poweramp, Amazon music, Pandora, Tidal Music, Youtube Music, dan banyak lagi yang lain.

Mendengarkan music berbayar

Tentu mendengarkan music berbayar ini dilakukan secara online dan streaming, ini adalah jalur yang digunakan oleh para musisi, artis atau penyanyi untuk mengunggah music mereka sebagai toko penjual album dalam bentuk digital. Berbagai cara mendapatkannya ada yg dibeli secara per buah lagu / music, juga ada dengan sistem keanggotaan premium sehingga bebas mendengarkan music sampai batas waktu tertentu.

Kelebihan sistem berbayar ini adalah kualitas music nya diatas rata rata, karena menggunakan format file AAC atau FLAC, bebas mendengarkan music apa saja dan kapanpun, dan akan tahu lagu lagu atau music yang sedang popular, tidak dibutuhkan ruang memory yg besar jika tidak di download, dan jangan lupa kalian harus mengeluarkan dana karena harus bayar juga pake internet.

Mendengarkan music gratis

Mendengarkan music secara gratis ada 2 cara,

Cara pertama mendengarkan music melalui berbagai aplikasi yang ada dan didengarkan secara online atau streaming, bias juga lagu atau music nya di download, tetapi lagunya akan tersimpan di aplikasi FILE pada iPhone.

Cara kedua mendownload lagu atau music di laptop atau komputer kemudian memindahkannya menggunakan iTunes ke iPhone, ini tentu butuh ruang memory pada iPhone,

Kelebihannya sistem gratis yang cara pertama ya pastinya tidak perlu membayar, cukup selalu tersedia jaringan internet kalian bisa mendengarkan lagu atau music, tetapi dengan format mp3 atau ogg atau yang lainnya yang kualitasnya di bawah format sistem berbayar,

Dan cara kedua juga tidak perlu membayar, tidak membutuhkan jaringan internet, lagu bisa dipilih, dan bebas mendengarkannya kapan saja.

Berarti apakah music berbayar lebih bagus kualitas suaranya ketimbang yang gratis ? tentu secara format file iya, tetapi tergantung type iPhone yang kita gunakan, semisal sistem berbayar kemudian menggunakan iPhone 7 dan sistem gratis menggunakan iPhone 11 misalnya, tentu kualitas music lebih bagus yang gratis menggunakan iPhone 11, bgmana jika menggunakan earphone, atau airpods ? kualitas suara yang dihasilkan tetap  lebih bagus di iPhone 11, karena ini menyangkut kemampuan hardware audio yang dimilikinya.

 

Kembali lagi pada pengguna iPhone, mana yang akan kalian pilih ?

 

by Matrix, iDevice Indonesia

Comments