iPhone seri 12 menggunakan bahan daur ulang, MUTUnya rendah dong ?

Bahan daur ulang tidak identik dengan bahan bermutu rendah.....

Jangan beranggapan bahwa bahan daur ulang itu sama dengan bahan bermutu rendah, itu sangat keliru...

 

Bahan daur ulang maksudnya adalah sebuah “barang jadi” yang sudah tidak digunakan lagi kemudian di bongkar di sortir diseleksi dikumpulkan sesuai jenis bahannya kemudian diolah kembali menjadi bahan baku dan selanjutnya diproduksi sebagai komponen baru utk menciptakan barang jadi kembali.

 

Kalau konotasi bahan bermutu rendah adalah baik bahan dari bahan daur ulang atau bahan baru dari bumi yang di oleh menjadi komponen atau barang jadi memang dengan standar mutu lebih rendah.

 

Dan  kita tau slalu memberikan komponen dan barang jadi bermutu tinggi, artinya bahan daur ulang de barang jadi bermutu tinggi di olah kembali menjadi komponen atau barang jadi dengan mutu tetap tinggi.

 

 melihat dalam 10th lebih memproduksi device dan accessoriesnya tentu akan menghasilkan limbah yang banyak, padahal kita tahu bahwa peoduct  memiliki kualitas dan mutu yang tinggi dan dapat digunakan dalam waktu yang panjang, tetapi dengan rentan waktu 10th lebih sangat banyak limbah yg dihasilkan terutama dari accessories, iPhone yg sdh rusak dan device  lainnya. Kalian bisa bayangkan jumlah limbah smartphone lain yang mutunya lebih rendah tentu jangka waktu pakai nya juga sebentar dengan berbagai merk dengan harga yang murah , berapa banyak jumlah limbahnya ?

 

Jika kalian menggunakan iPhone atau smartphone yang kualitas tinggi tentu harganya mahal, tetapi itu kalian sudah menolong diri anda dan lingkungan.

 

Terus iPhone bahan nya dari daur ulang knapa tidak murah harganya tetap tinggi ?

Sistem daur ulang itu tidak membuat barang yang diciptakannya itu bisa menjadi lebih murah kecuali daur ulang itu utk menciptakan barang barang jadi kualitas rendah, misalnya kalian daur ulang lemari plastik kalian yg harganya 500rb di jadikan boneka kecil seharga 5rb ya iyalah kan itu berbeda.

 

Menolong diri sendiri ? Iya...memicu kalian bekerja keras untuk mengumpulkan uang utk membeli barang yang tahan lama, dengan barang tahan lama kalian tidak banyak membuang limbah.

 

Coba saja jika kalian menggunakan smartphone harga 1-2jt, kalian akan ganti berapa kali dalam 3th misalnya ? Trs kalian ganti krn rusak atau bosan bukan ? Berapa kali kalian ganti kabel, kepala charger ? Plastik pembungkus ? Berapa banyak limbah yang kalian ciptakan ?

 

Jadi  memulai sejak 2018 membuat iPhone dengan bahan daur ulang termasuk iPhone seri 12.

 

"Apple perlu membuat perangkat yang tahan selama mungkin, dan memastikan mereka didaur ulang dengan baik," ujarnya,   Lisa Jackson, Vice President of Environment, Policy and Social Initiatives Apple. Dikutip dari CNET th 2018.

 

“Untuk pertama kalinya, model iPhone 12 Pro akan menggunakan 100 persen elemen daur ulang di semua magnet. Elemen itu di antaranya adalah kamera baru, Taptic Engine, MagSafe, serta aksesori MagSafe Apple,” dan “ “Secara keseluruhan, perubahan ini akan mengurangi lebih dari dua juta metrik ton emisi karbon setiap tahun. Angka itu setara dengan menghilangkan hampir 450.000 mobil dari jalan raya per tahun.”

Kata Greg Joswiak, Vice President Apple Marketing Worldwide, dikutip dari Kompas th 2020.

 

Apple diketahui telah meluncurkan robot daur ulang anyarnya yang bernama Daisy. Ia adalah penerus Liam, robot daur ulang pertama Apple yang dipamerkan pada 2016.

 

Daisy mampu membongkar iPhone dengan kecepatan cukup tinggi, yaitu 200 unit setiap jamnya. Tak sekadar membongkar, Daisy juga memilah komponen-komponen tertentu antara yang masih berharga dan tak berguna.

 

Iyalah,  kan untungnya banyak tuhh, pantas sebagian dr dananya untuk mengurangi limbah dimuka bumi ini,

 

Jadi kalau membeli iPhone,  sama dengan cinta lingkungan ? Kalau ini sih kalian sendiri aja yang menilainya ya , hehehehe

 

 

by MatriX, iDevice Indonesia


Deni Almahera

76 Blog posts

Comments