Apple Inovatif atau Jago Sihir ?

Tiap tahun product  slalu membuat penasaran para pengguna smartphone didunia...ada aja caranya utk membuat pengguna smarpthone “kepo”...kalian termasuk ya ?

Bedakan sama vendor lain..2th lagi smartphonenya dirilis namanya udah dikasi tau plus spesifikasinya

Lha  mau rilis iphone aja jgn kan jeroannya, namanya aja juga dirahasiakan,

Wong anak aja blom lahir udah dikasi nama...ntah itu mau lahir cwe atau cwo udah ada namanya...nama iphone ? Ini ni  menggunakan konsep terbalik.

 

Trs disaat pengguna smartphone didunia sudah terbiasa menggunakan dual sim card, justru iphone baru menggunakannya...ini kan teknologi lama...tapi iphone justru mengangkat teknologi lama sebagai senjata utk populer...

 

Bentuk iPhone begitu begitu aja gak ada yang istimewa, justru iPhone seri 12 terbaru pake konsep body iPhone 4 yang jelas itu model lama. Model 10th lalu

Saat dimana smartphone lain berlomba lomba menciptakan model body yg luar biasa bagusnya, sampai layar infinity sekelas samsung note yang layar nya melengkung sampe ke pinggir,

 

 membuat bentuknya sesederhana mungkin dan mudah diingat kalau yang dipegang orang itu adalah iPhone sangat mudah ditebak.

 sering menggunakan konsep lama tetapi konsep lama ini dikembangkan jauh lebih baik, sebut aja dual sim card, satu berbentuk fisik nano sim card , yg kedua e-sim, electronic sim card jadi tanpa fisik.

Jangan2 e-sim ini juga teknologi lama yaitu sim injek ? Krn klo injek pasti lah iphone kembali ke masa lalu...krn sulit pindah operator klo injek...ternyata bukan...e-sim ini sebuah trobosan penggunaan no sim tanpa fisik tapi cukup menggunakan sebuah software...dan dengan mudah berganti no sim dan beda operator...hanya daftar via on line...dan punya no sim baru tanpa ke gerai beli sim card fisik buat ganti no....operator di Indonesia pasti sangat pusing jika pengguna dg mudah ganti no sim...

 

Coba lihat home screen iOS 14, konsep lama yg diadopsi microsoft, android, tapi nyata oleh  dikembangkan berbeda, lebih dinamis lebih bermanfaat.

 

Body nya sederhana tapi dalam ya luar biasa itu prinsip , jika bisa body lebih tipis kenapa harus tebal ? Jika bisa battery kecil kenapa harus besar ?

 

Jadi jalan yang digunakan  dengan vendor smartphone lain rupanya berbeda.

 

Contoh saja,

 

Jika smartphone lain agar awet daya batterynya maka kapasitas battery di perbesar, kalau  berbeda, agar battery awet dayanya tidak harus besar kan batterynya ? Software nya di buat efesien hardwarenya harus yg efesien, efesien tidak membuat lambat justru tercepat,

 

Jika tidak mengenal iPhone secara detail mungkin orang orang berpikir utk apa membeli sebuah smartphone yg bentuknya sederhana tapi mahal ?

 

Seperti itulah bermunculan meme meme setiap tahun iPhone rilis, semua itu karena tidak mengenal iPhone. Saat iPhone menciplak fiture smartphone lain memenya adalah menciplak, saat iPhone menggunakan inovasi lama miliknya sendiri meme nya adalah kok barang lama dijadikan baru, Jadi kalian akan terus berpikir setiap tahun bgmana membuat meme ditahun tahun berikutnya tetapi iPbone terus berkembang dengan teknologi terbaik yang dimilikinya.

 

Coba bandingkan smartphone android sekelas samsung galaxy note 20 ultra, salah satu terbaik milik samsung, dijual dan setiap yang membeli mendapat hadiah tv 32”, dapat cashback, iklannya dimana mana, tapi sepertinya pengguna smartphone tidak juga bergeming.

 

iPhone tidak di pasarkan seperti layaknya dagangan, dipasarkan layaknya sebuah bidadari yang mau dipinang.

 

Siapakah yg mempopulerkan iPhone ? Bukan iklan tetapi orang orang yang suka iPhone, dan orang orang yang tidak suka iPhone, kok bisa orang yang tidak suka iPhone ikut mengangkat nama iPhone ? Ya karena dengan meme meme yang bertebaran di berbagai media electronic sebagai ejekan sebagai bahan lucu lucuan, justru membuat iPhone populer.

 

Sebegitu kuatnya magnet iPhone ini terutama bagi penggunanya walaupun kesal tidak dikasi kepala charger dan headphone, pasti tetap beli iPhone 12 justru ditambah rame rame beli airpods, kalau semua penggunanya sudah rame rame beli airpods beli wireless charging, iPhone lebih mudah dikenali, klo orgny itu pake handsfree warna putih kiri kanan telinganya tanpa kabel pasti dech bawa iPhone, akhirnya kelas iPhone ini tambah melambung tinggi.

 

Apakah  inovatif atau jago sihir ? Kalian lah yang menilai nya .....

 

Ya ini cuma pemikiran saya aja ya,

Kan pendapat kita boleh berbeda yang penting sama sama pake masker dan cuci tangan, hehehehe

 

by Matrix, iDevice Indonesia


Deni Almahera

76 Blog posts

Comments