Seberapa bermanfaatkah Jailbreak iPhone saat ini ?

Jailbreak iPhone itu sudah terjadi sejak awal kemunculan iPhone di th 2007 dan sampai saat ini masih tetap ada, karena para pencipta tweak di luar sana, mereka merasa harus ada cara agar bisa leluasa menggunakan iPhone tanpa harus terikat dengan aturan aturan yang di kunci oleh iOs.

Mendengarkan kata Jailbreak ini sepertinya ada kebebasan di dalamnya, kebebasan apa sih yg diperoleh pengguna ?

Kebebasan mengkostumisasi iPhone ? kebebasan merubah thema, wallpaper, font iPhone ? mendapatkan aplikasi gratis atau aplikasi yang gak ada di appstore ? atau bahkan bisa membypass sebuah iPhone yg ke-Lock ?

Rasanya bukan itu alasan utama para pengguna melakukan Jailbreak iPhone saat ini, lebih kepada ingin mencoba Jailbreak itu seperti apa rasanya, seperti apa kelebihannya, keinginan utk dikatakan bisa IT, keinginan untuk dikatakan bisa berbeda tampilan iPhonenya dengan pengguna lain, pengguna yang baru saja pindah dr os android ke iOs krn dulu di sebelah suka meng root smartphonenya.

Yahhh… ini alasannya,

Karena kalau kita bicara soal kostumisasi iPhone seperti yg bisa dilakukan iPhone Jailbreak juga bisa dilakukan kok tanpa menjailbreak iPhonenya, seperti merubah thema, wallpaper juga font, Jailbreak bisa mendapatkan aplikasi yg tidak ada di appstore ? memang aplikasi seperti apa itu ? di appstore juga ada tidak kalah bagusnya, apakah aplikasi di tweak tersebut bermanfaat ? juga belum tentu.

Atau mendapatkan aplikasi gratis dan di appstore berbayar ? memang ada gitu aplikasi di appstore berbayar trs di tweak tersebut muncul gratis ? tidak ada juga. Ohhh ada untuknya bisa membypass iPhone yg ke-Lock ? mungkin ada yg berhasil bisa tetapi gak sepenuhnya iPhone itu dapat berfungsi normal, itu udah pasti.

Tidak ada larangan untuk melakukan Jailbreak iPhone krn memang itu hak dan milik pengguna sendiri, hanya saja sangat disayangkan jika iPhone pengguna beli dari baru karena sudah digunakan bertahun tahun sehingga mau di Jailbreak, ya boleh saja, hanya tentu efek Jailbreak ini menurunkan performa iPhone, batre akan boros, system keamanan mudah di tembus, tidak mudah digunakan untuk urusan banking. Masih bagus jika saat Jailbreak tidak menemukan kendala berarti, bgmana jika iPhone nya justru masalah ? sayang juga kan ? kalau saja krn sudah lama digunakan dan di jual mungkin lebih bernilai ekonomis dan dana nya bisa untuk menambah biaya membeli iPhone lebih baru.

Pengguna tetap penasaran ingin menJailbreak ? silahkan saja, tetapi perlu di perhatikan bahwa menjailbreak itu butuh iPhone yang kondisinya bagus, krn kalau iPhone dengan kondisi yang kurang bagus karena beli second, banyak hardwarenya sudah di ganti ini sangat beresiko Jailbreak tidak akan sempurna bahkan iPhone justru mengalami masalah.

Jadi menurut penulis, menjailbreak iPhone tidaklah terlalu bermanfaat, jika membandingkan keuntungan yg diperoleh pengguna dengan kekurangan yang akan diterima.

 

Bgmana menurut kalian ?

 

by Matrix, iDevice Indonesia


Deni Almahera

93 Blog posts

Comments